Transformasi Digital #2

Gradasi Terus Mendorong Percepatan Transformasi Digital Menuju LKP Berbasis Industri di Indonesia

DPP Gradasi berkolaborasi bersama Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud dan Ristek RI, mengadakan seminar nasional transformasi digital seri #2 Menuju LKP Berbasis Industri, yang diadakan pada sabtu 10 Juli 2021, dengan tema “Strategi Memasarkan Program LKP di Era Digital 4.0”

Menghadirkan narasumber ahli, diantaranya; Sigit Sulistianto, praktisi Digital Marketing, dan Anjani Amitya Kirana, BES praktisi Digital Ecosystem, selain itu sesi berbagi pengalaman pengelolaan LKP Berprestasi di Indonesia, yang diwakili oleh LKP. Duta Persada Yogyakarta, serta LKP LPT Panghegar Bandung.

Seminar Nasional Transformasi Digital seri 2 tersebut, secara resmi dibuka oleh Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat Pendidikan Vokasi, dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) harus mau beradaptasi dengan teknologi, baik tata kelola pemasarannya, tata kelola pembelajaran, serta tata kelola manajemennya harus berbebasis digital, sehingga dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia usaha dan industri, yang nnatinya lulusan LKP dapat diterima bekerja atau berwirausaha di dunia global” ungkap Dr. Wartanto.

Turut hadir dalam seminar tersebut, H. Syaiful Huda “Era saat ini, adalah era percepatan, bukan yang besar yang akan menjadi pemenang, namun siapa yang mampu membaca peluang dialah akan menjadi pemenang, untuk itu lembaga kursus dan pelatihan memiliki hal tersebut, tidak memiliki birokrasi yang rumit, sehingga LKP lebih mampu dan cepat dapat beradaptasi dengan kondisi seperti sekarang ini”. ungkap Ketua Komisi X DPR RI

Kegiatan Seminar nasional transformasi digital, merupakan salah satu bentuk layanan publik dari direktorat kursus dan pelatihan kepada masayarakat, terhadap perkembangan kursus dan pelatihan binaan Direktorat Kursus dan Pelatihan, seminar ini diikuti oleh 4000 peserta, yang terdiri dari pengelola LKP, Instruktur, pelaku UMKM dan Usaha, serta mitra lainnya, kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom meeting dan channel YouTube, didukung organisasi mitra seperti oleh Forum Pengelola LKP, HIPKI, HISPPI, serta Forum LSK.

Gradasi sebagai salah satu organisasi penggerak literasi digital di Indonesia, sudah sejak 2018 telah melakukan pendampingan dan fasilitasi peningkatan kompetensi literasi digital untuk masyarakat, salah satunya satuan pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.

Selain itu, Gradasi juga berkolaborasi dengan kementerian Kominfo RI, melakukan kegiatan percepatan transformasi digital di msayarakat melalui program pandu digital, sebagai pendamping literasi digital di masyarakat, meliputi sektor UMKM, Pendidikan, Pariwisata, Perikanan, dan Pertanian.