Kiat Mewirausahakan LKP dimasa Pandemi menuju Era 4.0

Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Mendorong LKP Untuk Bertransformasi Di Era Revolusi 4.0

Sabtu, 31 Agustus 2021, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi melalui Direktorat Jendral Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan mengadakan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema “Kiat Mewirausahakan LKP dimasa Pandemi menuju Era 4.0”, menghadirkan Narasumber ternama Bapak Dr. Ary Ginanjar, motivator internasional yang juga pendiri ESQ, Ibu Desy Ratna Sari, M.Psi yang akrab dipanggil dengan Teh Desy yaitu Anggota DPR RI Komisi X.

Dilaporkan oleh Bapak Wartanto, direktur Kursus dan Pelatihan bahwa seminar ini diadakan dengan harapan dapat meningkatkan, membimbing, membina masyarakat agar lebih banyak terciptanya wirausaha-wirausaha baru di Indonesia melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan.

Dibuka oleh Dirjen Vokasi Bapak Wikan Sakarinto,Phd, beliau menyampaikan bahwa Jumlah Wirausaha Indonesia jauh dibawah Malaysia dan Thailand. Kalau Indonesia mau menjadi negara maju maka Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru.

Dalam paparannya The Desi menyampaikan bahwa jiwa wirausaha itu harus dipupuk sejak usia dini, Perubahan paradigma berpikir orang tua yang mengharuskan anak bekerja setelah tamat sekolah harus secara bersama kita rubah, program vokasi sudah bagus dan berkelanjutan dengan menerapkan Pendidikan karakter yang kuat.

Motivator Nasional pendiri ESQ menyampaikan bahwa selama ini kita mengajarkan vokasi hanya pada kompetensi atau skilnya saja, sementara kita belum memberikan Agility (kemampuan untuk menahan tekanan) dan capacity (keluasan hati). Dua dimensi ini agility dan capacity harus dibentuk agar terciptanya wirausaha-wirausaha yang handal.

Seminar yang berdurasi lebih kurang 3 jam ini dihadiri peserta 5000 orang yang zoin melalui Zoom dan kanal youtube kursuskita. Seminar ini didukung oleh 5 organisasi Mitra yaitu HIPKI (Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus), FPLKP (Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan), LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi), HISPPI (Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia), dan GRADASI (Generasi Digital Indonesia).

Kursus Berdaya
#VokasiKuatMenguatkanIndonesia

Pewarta : Dani Hsb (Gradasi)